Cara Memperbaiki Microsoft Excel Tidak Merespon pada Windows 10

Sebagian besar dari pengguna Excel banyak yang mengalami masalah Microsoft Excel Tidak merespons, membeku, atau macet tepat saat Anda melakukan pekerjaan. Beberapa solusi di bawah ini akan menjelaskan beberapa solusi untuk Microsoft Excel yang tidak merespons di komputer Windows 10.

Microsoft-Excel-Tidak-Menanggapi-Kesalahan-pada-Windows-10

Microsoft Excel Tidak Menanggapi di Windows 10

Microsoft Excel pertamakali diperkenalkan pada tahun 1985, Saat ini Microsoft Excel telah tumbuh menjadi salah satu program komputer yang paling populer, kuat, dan sangat diperlukan, serta digunakan oleh banyak orang dan tempat kerja di seluruh dunia.

Namun, program Microsoft Excel memiliki kecenderungan untuk membeku, berhenti bekerja atau bahkan crash saat bekerja pada spreadsheet yang besar atau kompleks. Pada situasi yang membuat frustasi seperti ini, pengguna biasanya akan mendapatkan pesan kesalahan yang mengatakan- "Excel tidak merespons", atau "Excel telah berhenti bekerja."

Berikut ini kami menyediakan beberapa tutorial metode yang dapat memperbaiki dan mencegah program Microsoft Excel membeku atau tidak merespons pada Windows 10.

Jalankan Excel dalam Mode Aman

Ikuti langkah-langkah di bawah ini, seandainya Microsoft Excel tidak merespons pada komputer Windows 10 Anda atau Anda memiliki spreadsheet yang macet atau tidak merespons pada komputer Windows 10 Anda.

1. Klik kanan pada tombol Start Windows 10 dan kemudian klik pada opsi Run di Menu yang muncul (Lihat gambar di bawah).

Catatan: Anda juga dapat menekan tombol Windows + R untuk membuka jendela Run Command

2. Pada jendela Jalankan perintah, ketik "excel.exe / safe" dan klik OK untuk memulai program Microsoft Excel dalam Mode Aman.

Jalankan-perintah-excel-exe-safe-di-Windows-10

3. Sekarang coba buka kembali File Excel yang tidak responsif.

Solusi ini akan membantu jika masalah itu disebabkan oleh "Add-in" atau program lain di komputer Anda yang menyebabkan file Microsoft Excel menjadi tidak responsif.

Nonaktifkan Add-in

Pertimbangkan menonaktifkan Add-in, jika Anda sering mengalami pelambatan dan Microsoft Excel tidak merespons, membeku, atau macet di komputer Anda.

1. Klik kanan pada tombol Start Windows 10 dan kemudian klik pada opsi Run di Menu yang muncul.

Catatan: Anda juga dapat menekan tombol Windows + R untuk membuka Run Run Window.

2. Pada Run Command Window, ketik excel.exe / safe dan kemudian klik OK untuk memulai program Microsoft Excel dalam Safe Mode di komputer Anda.

Jalankan-perintah-excel-exe-safe-di-Windows-10

3. Setelah Anda berada di Microsoft Excel, klik ikon File dari sudut kiri atas layar Anda dan kemudian klik tombol Excel Options (Lihat gambar di bawah).

Tombol Opsi Excel

4. Pada layar berikutnya, klik opsi Add-in di menu samping. Selanjutnya, pilih Add-in Excel dan kemudian klik tombol Go… untuk mengakses layar pilihan Add-In.

Tombol-Opsi-Excel

5. Pada layar Add-in, nonaktifkan semua Add-in di komputer Anda dengan menghapus centang pada kotak kecil di sebelah Add-in yang aktif (Lihat gambar di bawah).

Nonaktifkan-Add-in-Excel-di-Komputer-Windows-10

6. Klik OK untuk menyimpan Pengaturan Anda (Lihat gambar di atas)

Setelah menonaktifkan Add-in, restart Microsoft Excel di komputer Anda dan lihat apakah masalah Microsoft Excel Not Responding telah diperbaiki.

Kiat: Jika masalah teratasi, Anda dapat mencoba mengisolasi Add-in tertentu yang menyebabkan masalah pada komputer Anda dengan menonaktifkan Add-in satu per satu.

Perbaiki Microsoft Office

Masalah Microsoft Excel yang tidak merespons pada komputer Windows 10 Anda mungkin karena file program yang rusak. Ini dapat diatasi dengan menggunakan opsi Perbaikan Program Microsoft Office di komputer Anda.

1. Klik tombol Mulai, gulir ke bawah menu dan klik Sistem Windows. Selanjutnya, klik pada opsi  Kontrol Panel di dalam Folder Sistem Windows yang diperluas (Lihat gambar di bawah).

2. Pada layar  Kontrol Panel, klik Program dan Fitur.

Opsi-Program-dan-Fitur-di-Kontrol-Panel-Windows-10

3. Pada layar berikutnya, klik kanan pada Microsoft Office dan kemudian klik pada opsi Perbaikan di menu kontekstual (Lihat gambar di bawah).

Opsi-Program-dan-Fitur-di-Kontrol-Panel-Windows-10

Perbarui Microsoft Office

Secara default, program Microsoft Office di komputer Anda diatur untuk menginstal pembaruan secara otomatis. Namun, terkadang ini tidak terjadi dan Program Microsoft Office mungkin tetap tidak diperbarui di komputer Anda.

Oleh karena itu, cobalah untuk memperbarui Microsoft Office secara manual di komputer Anda dengan mengikuti langkah-langkah yang berlaku untuk versi Program Microsoft Office yang diinstal pada komputer Anda.

Ubah Pengaturan Printer

Seringkali, Program Microsoft Excel dapat menjadi tidak responsif jika tidak dapat berkomunikasi dengan printer default di komputer Anda. Ini biasanya terjadi jika printer yang terpasang ke komputer Anda mengalami masalah atau driver-nya tidak diperbarui.

Jika Anda mengalami masalah dengan Microsoft Excel, salah satu ide yang baik adalah dengan mengubah printer default pada komputer Anda ke Microsoft XPS Document Writer dan melihat apakah ini membantu dalam memperbaiki masalah Microsoft Excel tidak merespons, atau membeku di komputer Anda.

1. Klik kanan pada tombol Start dan kemudian klik pada opsi Device Manager di menu yang muncul.

2. Pada Layar Device Manager, klik pada tab Action dan kemudian klik pada opsi Devices and Printers.

3. Pada layar berikutnya, klik kanan pada Microsoft XPS Document Writer dan kemudian klik pada opsi Set As Default Printer di menu kontekstual (Lihat gambar di bawah).

Opsi-Perangkat-dan-Printer-pada-Layar-Device-Manager-di-Windows-10

Setelah menetapkan Microsoft XPS Document Writer sebagai printer default di komputer Anda, buka Microsoft Excel dan lihat apakah masih tidak merespons, macet, atau kedinginan di komputer Anda.

File Microsoft Excel Tertentu Tidak Menanggapi

Dalam hal ini, Program Microsoft Excel itu sendiri berfungsi dengan baik di komputer Anda dan masalah Excel Not Responding di Windows 10 tampaknya hanya terbatas pada Spreadsheet tertentu.

Dalam banyak kasus, masalah ini dapat diperbaiki dengan menghapus pemformatan bersyarat dari spreadsheet.

1. Buka File Excel yang membeku atau macet di komputer Anda.

2. Selanjutnya, klik Home> Conditional Formating> Clear Ruler> Clear Ruler From Entire Sheet (Lihat gambar di bawah).

Hapus-Pemformatan-Bersyarat-Dari-Microsoft-Excel-Worksheet

3. Sekarang, pilih Tab lain (jika Anda punya) dari bagian bawah lembar dan hapus Pemformatan Bersyarat di lembar juga.

4. Selanjutnya, simpan File Excel ini dengan Nama Baru, sehingga File Excel asli juga akan tersedia di komputer Anda. Anda akan dapat menggunakan File asli, jika diperlukan.

Jika ini memperbaiki masalah pembekuan Excel, macet atau melambat di komputer Anda, itu menegaskan bahwa masalah ini disebabkan oleh pemformatan di lembar tertentu atau sel di File Excel khusus ini.

Langkah selanjutnya adalah mempersempit masalah ke lembar atau bagian tertentu dari File dan mencari tahu bagianmana dan apa yang menyebabkan masalah dan mencoba untuk memperbaiki masalah ini. Demikian, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memperbaiki Microsoft Excel Tidak Merespon pada Windows 10"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel